Obat Wasir Berdarah Alami

BAB Berdarah, yang dimaksud BAB berdarah disini yaitu terdapat darah pada feses atau tinja ketika BAB (buang air besar berdarah). BAB berdarah ini bisa menjadi hal yang sangat menakutkan, namun tidak semua BAB berdarah merupakan masalah yang serius. Oleh karena itu penting sekali mengetahui apa saja yang menjadi penyebab BAB berdarah ini. Buang air besar berdarah yang ditandai dengan terdapatnya darah dalam feses/tinja itu artinya terdapat perdarahan di suatu tempat pada saluran pencernaan.

Kadang-kadang jumlah darah sangat kecil sehingga hanya dapat dideteksi dengan occult blood test (tes untuk memeriksa darah yang tersembunyi dalam tinja). Terkadang terlihat secara kasat mata di toilet setelah buang air besar sebagai darah merah terang. Perdarahan yang terjadi saluran pencernaan bagian atas dapat membuat tinja tampak berwarna kehitaman. Jadi perlu diwaspadai BAB warna hitam bisa juga karena ada darah dalam tinja.
Penyebab BAB berdarah antara lain :
  • Penyakit Wasir. Merupakan penyebab Buang air besar berdarah yang sering kita jumpai dengan ciri-ciri darah berwarna merah terang yang akan menetes ketika atau setelah feses keluar dan terkadang dijumpai adanya tonjolan dari dalan anus yang keluar ketika BAB dan masuk kembali setelahnya.
  • Divertikula merupakan kantong kecil sebagai proyeksi dari dinding usus besar. Biasanya divertikula tidak menimbulkan masalah, tapi kadang-kadang dapat berdarah atau terinfeksi sehingga menimbulkan buang air besar berdarah.
  • Anal fissure. merupakan sebuah luka atau robekan pada jaringan yang melapisi anus mirip dengan retakan yang terjadi pada bibir pecah-pecah atau potongan kertas akibatnya dapat menimbulkan berak darah. Fisura sering disebabkan oleh feses yang besar dan keras dan bisa menyakitkan.
  • Kolitis. Radang usus besar. Di antara penyebab yang lebih sering adalah infeksi atau penyakit radang usus (inflammatory bowel disease).  Baca Juga: Jual Obat Wasir Berdarah Di Apotik
  • Angiodisplasia. Sebuah kondisi di mana pembuluh darah abnormal, rapuh, sehingga menyebabkan perdarahan saat buang air besar.
  • Tukak lambung. Luka terbuka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari, ujung atas dari usus kecil. Tukak lambung banyak disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Helicobacter pylori (H. pylori). Penggunaan jangka panjang atau dosis tinggi obat anti-inflamasi seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen juga dapat menyebabkan tukak yang mengakibatkan buang air besar berdarah berwarna hitam.
  • Polip atau kanker. Polip adalah tumor jinak yang dapat tumbuh, berdarah, dan menjadi kanker. Kanker kolorektal adalah kanker ketiga yang paling umum di Amerika Serikat, dan sering menyebabkan perdarahan yang tidak terlihat dengan mata telanjang.
  • Masalah pada esofagus (kerongkongan). Varises pada kerongkongan atau robekan di kerongkongan dapat menyebabkan kehilangan darah yang parah.
Seseorang yang mengalami BAB berdarah mungkin tidak menyadari perdarahan dan mengatakan tidak mengalaminya. Namun, Di sisi lain, mereka juga mungkin telah mengalami sakit perut, muntah, lemah, sesak napas, diare, palpitasi, pingsan, dan penurunan berat badan tergantung pada penyebabnya, lokasi, durasi, dan tingkat keparahan perdarahan. Baca Juga: Jual Obat Wasir Berdarah Ampuh
Bagaimana cara mengobati BAB berdarah ?
Ada beberapa obat BAB berdarah yang bisa diintip di bawah ini untuk mengatasinya, khususnya yang dipicu adanya wasir.

1. Cuka
Cuka yang dimaksud di sini lebih kepada cuka putih dan Anda bisa menggunakannya dengan pengaplikasian lokal. Jika memang BAB berdarah disebabkan oleh kondisi wasir, maka Anda bisa lebih tenang ketika menggunakan cuka ini sebagai obatnya. Sifat astringent di dalam cuka akan membantu supaya wasir bisa mengecil dan memudar.

Untuk hasil yang super maksimal, tentunya pengobatan perlu dilakukan setiap hari secara rutin. Hasilnya, pembengkakan pasti akan berkurang dan segala rasa sakit serta sensasi seperti terbakar pasti akan hilang secara berangsur. Cara penggunaannya sangat sederhana, kapas bisa dicelup ke larutan cuka dan langsung aplikasikan ke area wasir atau anus.

2. Es Batu
Seperti kita tahu, es batu adalah bahan yang sangat sederhana dan bahkan mungkin paling sederhana dan mudah didapat. Efek ademnya akan membantu mengurangi inflamasi yang terjadi ketika Anda mengalami BAB berdarah. Ketika pembuluh darah membesar dikarenakan wasir, maka es batu akan membantu memperkecilnya.

Bahkan es batu jugalah yang akan membantu menghentikan perdarahan serta luka dan inflamasi akibat wasir. Cukup ambil es batu secukupnya yang dibungkus dengan handuk tipis, lalu usap-usapkan perlahan di area anus. Obat ini sangat handal dalam mengendalikan rasa terbakar dan gatal di area tersebut sehingga penderita akan merasa lebih lega dan nyaman.

3. Kentang
Kentang yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi memang kerap dijadikan pengganti nasi bagi para pelaku diet. Ada banyak manfaat lain yang bisa didapat dari kentang selain membantu menurunkan berat badan. Kekuatan dari kentang ini rupanya bisa menghilangkan cairan berlebih yang kemungkinan terjadi saat Anda memiliki wasir berdarah atau BAB berdarah.

Sifat penyembuh alami pada kentang ini akan membantu supaya perdarahan yang terjadi ketika BAB berhenti. Tak hanya itu saja, bila sampai ada luka yang muncul pun kentang akan menyembuhkannya secara sempurna. Cukup dengan memarutnya dan menjadikannya adonan pasta, aplikasikan langsung ke area anal dan tunggu kering sebelum dibilas.

4. Kunyit
Kunyit sudah cukup sering dimanfaatkan sebagai obat beberapa macam masalah kesehatan dan kini tak terkecuali pula masalah BAB berdarah. Kandungan kurkumin di dalam kunyit adalah yang paling mampu membasmi bakteri dan menghentikan infeksi. Risiko inflamasi pun akan otomatis berkurang dan perdarahan pun bakal dapat berhenti dengan sempurna.

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat termasuk sangat mudah karena Anda bisa memakai bubuk kunyit yang dicampur air secukupnya demi membuat adonan pasta. Setelah itu, silakan mengaplikasikan langsung ke bagian anal. Tunggulah mengering dan ini bakal menghentikan perdarahan. Aplikasikanlah sesering mungkin supaya BAB berdarah bisa cepat berhenti dan wasir juga kiranya cepat sembuh.

5. Garam Epsom
Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya apa itu garam epsom. Garam epsom ini diketahui terbuat dari mineral yang alami yang ada terkandung pada air. Nama garam epsom sendiri diambil dari kota Epsom, yakni sebuah kota di Inggris. Garam ini juga dikenal sebagai magnesium sulfat di mana manfaatnya sangat besar untuk beberapa gangguan kesehatan.


Untuk masalah BAB berdarah, Anda bisa menggunakannya sebagai agen penenang karena sifat anti-inflamasinya. Cukup ambil secangkir garam epsom dan tambahkan ke sitz bath yang sudah Anda isi dengan air hangat. Duduklah selama 15 menit dan ulangi lagi sesering mungkin metode pengobatan dengan garam epsom ini.

6. Lidah Buaya
Karena sudah banyak orang membuktikan bahwa khasiat lidah buaya untuk kulit begitu tinggi, maka tanaman ini pun kerap dijadikan solusi masalah kulit. Sebetulnya tak hanya itu saja kegunaannya, lidah buaya pun dapat diandalkan saat Anda mengalami BAB berdarah yang dipicu wasir. Sifat penenang alaminya mampu menenangkan luka dan sensasi terbakar.

Dalam pemakaiannya, Anda cukup mengambil bagian gel dari lidah buaya seperti biasa untuk diaplikasikan langsung pada area anal. Tunggulah beberapa saat dan ulangi kembali cara pengobatan ini beberapa waktu kemudian sesering mungkin. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda rutin memakainya, tak hanya sehari beberapa kali, tapi juga setiap hari.

7. Bawang Putih
Walau memang diketahui ada efek samping bawang putih dan juga adanya efek panas dan kesemutan yang dirasakan saat menggunakannya, bahan ini sangat efektif. Jika Anda ingin mencegah infeksi berlanjut, maka Anda sebaiknya mengurangi risiko inflamasi dengan bumbu dapur satu ini. Hanya beberapa menit aplikasi saja sudah sangat bermanfaat.

Ambil sejumlah siung bawang putih dan ekstrak jusnya karena jusnyalah yang Anda paling butuhkan untuk diaplikasikan ke area anal. Sebagai alternatif, minyak bawang putih juga sangat berkhasiat. Anda bisa mengaplikasikan minyak bawang putih ini untuk membersihkan bagian anal setiap beberapa waktu sekali sesering mungkin setiap harinya.
Silahkan Konsultasikan Keluhan Anda