Cara Mengobati Ambeien Berdarah Secara Alami

Bahaya ambeien dapat menimpa pria dan wanita yang cenderung memiliki gaya hidup dan kebiasaan buruk, termasuk pola makan tidak sehat. Bahaya ambeien merupakan dampak buruk akibat buang air besar yang dipaksakan sehingga terjadi penekanan pada anus yang memicu pendarahan.

Faktor pemicu munculnya bahaya ambeien :
  • Kurang mengkonsumsi makanan berserat – Membiasakan diri untuk disiplin mengkonsumsi makanan yang berserat, misalnya sayuran dan buah buahan yang dapat menyehatkan jaringan tubuh. Khususnya memperlancar proses penyerapan nutrisi yang terjadi di dalam sistem pencernaan sehingga memperlancar buang air besar.
  • Mengkonsumsi makanan siap saji termasuk junkfood setiap hari – Jauhi segala bentuk makanan siap saji termasuk junkfood. Jenis makanan tersebut tidak memiliki kandungan serat yang dibutuhkan tubuh.
  • Jarang minum air putih – Kebiasaan minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari dapat menyehatkan organ pencernaan dan mempercepat pengeluaran kotoran di saluran anus tanpa mengalami sembelit.
  • Gaya hidup yang buruk – yaitu kebiasaan bersahabat dengan rokok, minuman beralkohol,  minuman bersoda dan kecanduan obat obatan terlarang.
  • Memaksakan buang air besar dalam kondisi sembelit – Jangan pernah menahan buang air besar dalam keadaan apapun, karena kotoran yang harus dibuang harus segera dikeluarkan. Kondisi tersebut menandakan jika tubuh memberi sinyal bahwa kotoran yang ada di saluran penampungan sudah penuh.
  • Jarang olahraga sehingga sistem pencernaan bekerja tidak lancar – Jarang atau malas melakukan olahraga dapat menyebabkan otot, saraf dan peredaran darah menjadi tidak lancar. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kesulitan dalam melakukan proses penyerapan nutrisi termasuk serat dari makanan yang telah dikonsumsi.
Resiko yang harus dihadapi jika mengalami wasir atau ambeien

1. Sembelit berkesinambungan
Bahaya ambeien umumnya terjadi karena gaya hidup dan kebiasaan seseorang mengkonsumsi junk food atau makanan siap saji setiap hari memungkinkan seseorang mengalami sembelit dan terserang penyakit wasir ringan, Karena apa yang telah dimakan tidak memiliki kandungan serat yang dibutuhkan tubuh perharinya. Jika terus menerus makan makanan siap saji maka sembelit akan menyerang selama berhari hari. Kondisi ini menyebabkan perut terasa penuh dan tidak nyaman.

2. Rasa mengganjal setelah BAB
Seseorang yang terserang ambeien akan merasakan ada ganjalan didalam anusnya setelah membersihkan anus dengan air yang cukup banyak. Kondisi tersebut menyebabkan seseorang merasa masih ada kotoran yang masih tertinggal di anus.

3. Nyeri tulang belakang
Ambeien yang sudah parah dapat menyebabkan rasa nyeri menjalar kearah punggung atau tulang belakang bagian bawah. Kondisi tersebut disebabkan karena otot dan aliran darah seputar punggung mengalami penyumbatan akibat seseorang mengejan ketika sedang buang air besar yang dipaksakan. Tekanan pada anus dapat mempengaruhi kesehatan tulang punggung bagian bawah.

4. Memicu sel kanker anus
Pendarahan dan peradangan yang terjadi pada seseorang yang mengalami ambeien dalam jangka panjang dan tidaak segera mendapat penanganan secara medis maka infeksi akan ditunggangi oleh berbagai virus yang akan memicu pertumbuhan sel yang abnormal yang akhirnya menjadi sel kanker anus.

5. Tidak nyaman ketika duduk
Bahaya ambeien dapat membuat seseorang menjadi kesulitan untuk duduk dengan nyaman, Ketika duduk maka ambeien yang telah terbentuk diluar anus akan mendapat tekanan dan himpitan beban dari bokong yang jika terus dipaksakan maka akan memicu rasa nyeri dan sakit yang dapat menyebabkan seseorang tak sadarkan diri atau pingsan.

6. Serangan virus
Buang air besar terus menerus dengan mengejan yang dilakukan dengan dipaksa adalah bahaya ambeien yang sering terjadi pada orang dewasa, Karena orang dewasa selalu memaksakan untuk buang air besar karena tuntutan waktu yang tidak banyak. Akibatnya ambeien mengalami pendarahan dan anus ikut mengalami luka. Keadaan ini dapat memicu munculnya infeksi , dimana luka yang telah terbentuk pada ambeien dapat dimasuki virus yang berasal dari feses yang tidak bisa keluar dengan lancar. Serangan virus dari kamar mandi yang tidak steril dapat memperparah kondisi ambeien.

7. Kesulitan tidur
Penyakit ambeien yang telah mengalami pendarahan dan rasa nyeri yang amat menyiksa akan terasa lebih terasa sakit ketika seseorang ingin berangkat tidur malam. Keadaan ini memungkinkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Jika terjadi secara belarut larut maka akan memicu munculnya insomnia. Gangguan tidur merupakan bahaya ambeien yang sering dialami penderita ambeien yang sudah parah.
Baca juga : Dampak insomnia bagi kesehatan

8. Kematian
Penyakit ambeien yang sudah parah tetapi hanya dibiarkan saja dan tidak mendapatkan penanganan medis akan menyebabkan seorang pasien banyak kehilangan sel darah merah dan mengalami penurunan daya tahan tubuh dan kematian. Kematian merupakan bahaya ambeien yang sering dialami orang orang yang berusia produktif. Hal tersebut dikarenakan tingkat kesibukan yang tinggi sehingga memungkinkan seseorang menjadi kurang sabar ketika buang air besar. Dimana mereka mengejan dengan keras agar feses dapat cepat dikeluarkan.
Solusi termudah agar terhindar dari serangaan ambeien :

1. Minum air putih
Bahaya ambeien dapat dicegah dengan asupan air putih setidaknya 8 gelas perharinya, karena tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi terhambat dan mengakibatkan feses tidak mengalami proses pelunakan. Akibatnya akan sulit untuk dikeluarkan pada saluran pembuangan.

2. Olahraga
Jarang olahraga menyebabkan pencernaan tidak lancar dan memperlambat tubuh dalam proses penyerapan nutrisi. Rajin olahraga mampu mempertahankan kualitas cairan tubuh dan memperlancar aliran darah. Memperbanyak masuknya oksigen didalam darah serta menyehatkan sistem saluran pembuangan sehingga feses akan melunak dan mudah dikeluarkan.

3. Hindari rokok
Nikotin dan zat berbahaya lain yang ada dalam rokok dapat menggagalkan tubuh dalam penyerapan serat dari makanan lalu mengiritasi sistem reproduksi, Melukai dinding kandung kemih dan mengikat cairan tubuh sehingga tubuh mudah terserang dehidrasi. Ketika tubuh dehidrasi maka feses akan sulit melunak di saluran pembuangan.

4. Tidak mengkonsumsi obat obatan
Bahaya ambeien dapat disebabkan karena kebiasaan mengkonsumsi narkoba . zat kimia berbahaya dalam obat obatan terlarang dapat menmgiritasi dan menginfeksi saluran kandung kemih yang akhirnya menjalar kearah saluran pembuangan. Zat kimia akan mengalami penumpukan diseputar jaringan anus sehingga mengikat air yang seharusnya melunaki feses yang siap dikeluarkan melalui saluran pembuangan.

5. Jauhi alkohol
Alkohol dapat merusak jaringan pencernaan dan melukai dinding usus. Jika organ internal tersebut dalam kondisi yang tidak baik maka akan mempengaruhi persediaan cairan disaluraan pmbuangan menuju anus sehungga menyebabkan seseoraang terserang sembelit berhari hari.

6. Kurangi minuman bersoda
Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang saangat tinggi dan dapat mengacukan sistem jaringan pembuangan feses disaluran anus yaang menyebabkan feses akan menggumpal dan mengeras, Kelebihan gula dapat mengikat cairan tubuh dan memicu dehidrasi tubuh.

7. Pola makan yang baik
Mengkonsumsi setiap haari makanan yaang mengadung banyak serat dan mineral sangat baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat sehingga terhindar dari sembelit dan serangan wasir. Sayuran dan buah adalah pilihan terbaik untuk menyeharkan jaringan pencernaan dan membuat feses dalam kondisi normal.

8. Tidak menunda buang air besar
Meunuda nunda buang air besar adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kotoran dalam sistem penapungan dan pembuangan menjadi menumpuk dan menyebabkan cairan tubuh berkurang , Akibatnya seseorang terserang sembelit lalu terserang wasir ringan. Tetapi jika dilakukan setiap hari dapat memicu munculnya penyakit ambeien yang lebih parah.

9. Mengkonsumsi suplemen
Jika tidak memiliki waktu cukup untuk mengkonsumsi makanan berserat akibat aktivitas dan kesibukan sehari hari. Mengkonsumsi suplemen yang mengandung serat tinggi dapat dipilih sebagai solusi terbaik. Penggunaan suplemen dapat diimbangi dengan banyak minum air putih dan olahraga, Sehingga tubuh benar benar terhindar dari penyakit ambeien.
Silahkan Konsultasikan Keluhan Anda