Bab Berdarah Menetes

Apakah anda mengalami gejala perdarahan dari rektum berwarna merah terang selama atau setelah buang air besar?? Waspadai..!! WASIR atau AMBEIEN ?? Penyakit wasir ambeien atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan nama ambeien merupakan suatu penyakit yang membuat penderitanya malu. Penyakit ini dikenal sebagai salah satu momok karena munculnya pada bagian tubuh yang kurang pantas untuk dibicarakan, yakni adalah bagian anus. Hal ini membuat penderita menjadi malas untuk melakukan pemeriksaan diri. Penyakit wasir memang bukanlah penyakit yang berbahaya dan mematikan, namun penyakit ini bisa menjadi sangat mengganggu penderitanya.

Penyakit ambeien atau biasa disebut juga dengan penyakit wasir (dalam bahasa Inggris penyakit ambeien disebut Hemorrhoid dan pada bahasa kedokteran penyakit ambeien disebut Piles) merupakan penyakit atau gangguan di anus dimana bibir anus (Sphinchter Ani), mengalami pembengkakan yang terkadang penyakit ambeien ini juga disertai pendarahan.
Penyakit wasir bisa timbul akibat beberapa sebab. Misalnya adalah karena feses yang keras dan juga akibat mengedan saat buang air besar. Proses mengedan ini bisa disebaban karena makanan yang dimakan merupakan jenis makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik yang pada akhirnya menyebabkan wasir muncul. Misalnya adalah mengonsumsi jenis makanan yang pedas dan mengandung alkohol tinggi. Selain itu juga adanya beberapa kebiasaan pada penderita penyakit wasir yang bisa menyebabkan terjadinya wasir ambeien, yakni adalah jongkok terlalu lama saat sedang buang air besar. Oleh karena itulah, jika kita mengetahui penyebab apa yang menjadi salah satu faktor pemicu wasir, maka kita bisa melakukan penanganan sejak dini dengan cara memperbaiki pola hidup agar kita bisa menghindari penyakit wasir dan menghindari komplikasi yang terjadi.

Jenis Penyakit Wasir atau Ambeien / Hemoroid

Wasir internal (wasir dalam) – Wasir internal biasanya seperti pembengkakan yang terjadi di dalam rectum sehingga tidak dapat diraba maupun dilihat. Pembengkakan jenis ini memang tidak akan menimbulkan rasa sakit sebab hanya sedikit syaraf yang berada di daerah rectum tersebut. Namun, ada tanda-tanda yang muncul jika seseorang terkena wasir internal ini, tandanya biasanya bisa kita ketahui pada saat buang air besar terjadi pendarahan. Tapi masalahnya tidak akan sederhana lagi atau lain cerita jika wasir internal tersebut akan membesar dan keluar ke bibir anus sehingga menyebabkan rasa sakit. Ambeien akan terlihat berwarna merah muda dan bila wasir tersebut sembuh akan masuk sendiri, tapi ada pula yang perlu didorong untuk memasukkannya. Baca Juga : Obat Wasir Berdarah

Wasir eksternal (wasir luar) – Wasir jenis ini menyerang anus sehingga akan menyebabkan rasa perih, sakit, ataupun gatal pada saat buang air besar ataupun pada saat duduk. Ketika terdorong keluar oleh feses, wasir tersebut dapat menyebabkan thrombosis ataupun penggumpalan sehingga wasir tersebut menjadi berwarna biru bercampur warna ungu. Baca Juga: Jual Obat Wasir Berdarah Di Apotik

Ciri Gejala Penyakit Wasir atau Ambeien / Hemoroid

Menetes Darah Segar Saat Berak atau BAB, Sebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit wasir ada awal mulanya sehingga kita bisa obati sedini mungkin. Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

Ciri-ciri penyakit wasir ambeien digambarkan dengan adanya gumpalan pada jaringan dalam dibagian saluran anus yang isinya adalah pembuluh darah dan juga jaringan yang menunjang yang ada pada sekitarnya, yang terdiri dari otot dan juga serat elastis. Saluran dari anus adalah suatu terusan yang panjangnya adalah sekitar 4 cm yang dilewati oleh feses dari rektum menuju keluar. Anus merupakan saluran pembuangan terakhir feses atau sisa limbah tubuh ke luar. Baca Juga: Jual Obat Wasir Berdarah Ampuh 

Penyakit wasir ambeien muncul bisa dialami oleh siapa saja. Dan untuk penyakit wasir stadium lanjut, biasanya akan membutuhkan penanganan medis. Gejala penyakit wasir yang terlihat biasanya adalah darah yang menetes saat sedang buang air besar atau tonjolan yang keluar, dan juga rasa panas setelah buang air besar pada anus. Dan kebanyakan orang mempunyai anggapan bahwa penyakit wasir ambeien merupakan suatu penyakit yang tidak normal, pada semua orang pasti mempunyai hemroid. Dan hemoroid atau wasir dalam istilah kedokterannya merupakan suatu penyakit dengan gumpalan yang membesar yang akan sangat mengganggu bagi penderitanya.

Bila dibiarkan terus menerus tanpa pengobatan, penderita sakit ambeien tersebut bisa-bisa mengalami kekurangan darah atau anemia yang malah membuat masalah komplikasi lainnya sehingga penderita membutuhkan transfusi darah. Baca Juga:  Jual Obat Wasir Berdarah  
Pencegahan Penyakit Wasir atau Ambeien / Hemoroid
Menetes Darah Segar Saat Berak atau BAB, Untuk menghindari terjadinya wasir sangat disarankan sejumlah langkah pencegahan berikut ini :
– Menghindari mengejan ketika buang air besar
– Mengonsumsi makanan serat tinggi
– Meminum banyak cairan
– Meminum suplemen serat
– Cukup berolahraga

Selain itu disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar, menghindari membaca ketika di toilet, juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan menghindari mengangkat beban berat.
Silahkan Konsultasikan Keluhan Anda